Online Shop  mangga dua,jakarta
         
English / Indonesia
    


Proceed to checkout
 
Automobile
Baby Equipment
Ban pinggang/dompet
Computers
Event Organizer
HandPhones
Health and Beauty
house/kitchen ware
Jaket
Koper
Real Estate
Sarung tangan
Tas
Topi
Travel
Underwear
Wedding
 
Artikel
Berita
Download Gratis
Event
Link Exchange
Tips Belanja Online
Tarif Tiki

 

post 27,juni 2010

MATA Sehat


Mata adalah jendela untuk melihat dunia. menjaga indera penglihatan ini sebenarnya tidak rumit. Banyak factor yang membuat mata tidak berfungsi baik. Ketika mata terganggu maka bersiaplah untuk kehilangan keindahan seluruh dunia. Dengan mata yang sehat, banyak hal yang normal dan wajar dapat dinikmati. Banyak informasi yang diserap manusia diterima oleh penglihatan. Oleh karena itu kesehatan penglihatan harus dijaga agar informasi dan pengetahuan bisa tetap diterima dengan baik.

kebutaan merupakan risiko terbesar yang dapat diderita mata. Penyakit mata berdampak pada kebutaan biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti degeneratif, pola makan yang tidak sehat, lingkungan hidup, pola hidup, ras, dan faktor genetik, Selain faktor tersebut, penyakit mata juga didapat dari komplikasi karena penyakit lain yang diderita.


FUNGSI dan BAGIAN MATA

Mata bekerja layaknya sebuah kamera. Lensa mata bertugas memfokuskan cahaya agar membentuk bayangan yang tajam di retina.

kemudian retina bekerja seperti film dalam kamera yang merekam gambar suatu obyek. Gambar tersebut kemudian dikirim melalui syaraf optik menuju otak untuk diterjemahkan.

Kornea adalah bagian luar Mata yang melengkung. Bagian mata ini berfungsi mengontrol hampir 80% daya pembiasan mata. Kornea mendapat nutrisi dari air mata yang juga berfungsi sebagai pelumas. Air mata diditribusikan ke seluruh permukaan kornea ketika berkedip. Berbagai jenis aktifitas mata mempengaruhi jumlah kedipan mata, Contohnya melihat layar komputer, membaca, menonton televisi, mengerjakan kegiatan jarak dekat dan mengemudikan mobil akan membuat mata membelalak sehingga mengurangi kedipan dan mata menjadi kering.

Iris adalah selaput berwarna yang terletak di antara kornea dan lensa mata. Otot iris dirangsang oleh ada atau tidaknya cahaya yang masuk ke dalam mata jika cahaya terlalu banyak maka ototnya akan berkontraksi sehingga pupil (celah hitam ditengah iris) mengecil. Ditempat gelap ototnya mengendur dan pupil nya membesar, Dengan demikian fungsi iris adalah mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata.

Lensa mata adalah struktur cembung yang transparan, berguna untuk memfokuskan cahaya yang masuk melalui pupil agar terbentuk gambar pada retina. Otot ciliar mengatur fokus cahaya dengan mengubah bentuk lensa. Otot pengatur Fokus tersebut bersifat involuntary, yaitu otot yang kerjanya tidak dapat dikontrol secara sadar. Stimulasi pada otot ciliar akan menambah kemampuan fokus pada lensa sehingga anda berfokus pada detail kecil dalam jarak yang dekat, seperti saat melakukan aktifitas seperti membaca dan bekerja di depan komputer.

Retina adalah selaput yang sensitif terhadap cahaya, melapisi bagian belakang bola mata. Energy cahaya yang menyentuh retina diubah menjadi Isyarat kimiawi yang membawa informasi ke otak melalui saraf mata. Retina berfungsi, mendeteksi gerakan di sekitar penglihatan dan melihat di malam hari. Persepsi visual paling tajam terjadi didaerah dekat pusat retina yang disebut fovea centralis. Ketika semua berkas cahaya terfokus secara tepat pada fovea, mata anda akan melihat dengan jelas.

oleh OCH, Kompas selasa, 13 januari 2009

Free Search Engine Submission 

Copyright © Online Shop mangga dua,jakarta. All rights reserved.